Rekomendasi Terbaik

Tuesday, January 31, 2017

Cara Mengatasi Persneling Satria Fu Keras Sehingga Susah Masuk

Gigi motor tidak bisa masuk - Bagaimana cara mengatasi gigi persneling motor satria fu 150 susah masuk ? Tentu kita sudah mengenal motor unggulan suzuki dengan merk satria fu yang cara kerja motor menggunakan kopling / handel tangan. Bagi pengendara yang biasa menggunakan motor bebek tentu akan kesulitan saat pertama kali mengoper gigi sehingga gigi persneling susah masuk ataupun di netralkan. Namun persneling satria fu susah netral tidak hanya disebabkan dari faktor kebiasaan orang yang mengendarai motor tersebut saja melainkan dari segi permesinan motor juga dapat menjadi penyebab oper gigi satria fu terasa keras.

Tidak sedikit rider satria f 150 yang mengeluhkan masalah kopling motor satria mereka kasar. Ketika sedang berkendara dijalan sering terjadi perpindahan gigi persneling susah dan keras sehingga oper gigi sering loncat ( ketika hendak mengoper gigi masuk di persneling 2 malah masuk ke gigi netral ) yang menjadikan satria fu milik kita meraung - raung. Selain itu persneling satria fu susah netral ketika kita sedang berhenti di lampu merah yang berimbas tangan kita terasa pegal karena harus menekan handel kopling sampai lampu menyala hijau. Untuk itu kita tidak bisa membiarkan masalah gigi motor tidak bisa masuk sebab dapat mengganggu aktivitas berkendara kita dan selain itu juga membuat performance motor satria fu 150cc kita menjadi berkurang.

Untuk itu pada pertemuan kita kali ini, kami akan mencoba membahas penyebab masalah gigi keras dan susah netral. Dengan tujuan tidak akan ada lagi masalah oper gigi yang meloncat ataupun tangan pegal karena satria fu tidak bisa dinetralkan saat di lampu merah lagi. Mari langsung saja kita mulai pembahasan mengenai cara memperbaiki gigi persneling motor satria fu macet secara lengkap di bawah ini.

Cara Mengatasi Persneling Satria Fu Keras Sehingga Susah Masuk


gigi persneling susah masuk

Sebenarnya gigi netral dapat dikatakan menjadi masalah yang sering terjadi pada semua motor kopling khususnya satria fu 2015. Seret alias susahnya pindah gigi persneling terjadi karena terdapat kemungkinan sudah adanya part yang rusak dan perlu untuk penggantian. Berikut ini adalah penyebab gigi persneling motor satria fu keras dan susah netral, diantaranya adalah :

Penyebab kopling satria fu susah netral


1. Setingan tuas persneling

Jika setingan mur dengan baut penyetel speling tuas persneling di buat terlalu sempit akan menghasilkan perpindahan gigi yang empuk, akan tetapi akselerasi menjadi lebih lamban.
Akan tetapi jika setingan terlalu renggang berakibat pindah gigi satria fu menjadi sulit masuk. Pasalnya, ketika kerenggangan kampas belum maksimal, tapi tangkai pemindah gigi sudah menggeser posisi gigi. Akibatnya timbul entakan. Jarak kerenggangan yang ideal sekitar 3 mm.

2. Arm pendorong kopling mulai aus

Periksa arm pendorong kopling dan amati alurnya. Apabila bola penekan arm otomatis dan alurnya sudah mulai rusak sering kali persneling susah dipindahkan walaupun mur - baut speling sudah di setting.

3. Periksa pelat kopling

Jika pelat kopling sudah mulai melengkung akan menjadikan posisi kerenggangan kampas kopling menjadi tidak maksimal. Sehingga tangkai pemindah akan kesulitan menggeser drum pemindah gigi karena gearbox yang masih berputar.

4. Rantai satria fu yang kendor

Sering kali hal yang dilupakan ketika gigi persneling satria fu susah masuk adalah rantai motor yang kendor. Meskipun dalam kondisi berhenti rantai yang terlalu kendor dapat membuat kita sulit untuk mengoper presneling pada gigi netral.

baca juga :
  1. Cara Menghilangkan Suara Mesin Satria Fu Yang Kasar
  2. Daftar Harga Terbaru Motor Satria Fu Tahun 2017

Setelah kita mengetahui penyebab dari satria fu sulit mengoper gigi persneling tentu kita akan mencari tahu bagaimana cara mengatasi gigi persneling motor satria fu 150 sering macet. Untuk itu mari kita simak cara mengatasi motor suzuki satria fu yang sulit memasukan gigi netral di bawah ini.

Cara memperbaiki persneling satria fu susah masuk


1. Panaskan mesin

  • Biasakan memanasi mesin motor satria fu setidaknya sekitar 1 sampai 2 menit karena jika terlalu lama juga tidak akan baik untuk mesin. Cara mengecek mesin motor satria fu sudah panas dapat di ketahui dengan menarik gas sedikit, apabila respon mesin cepat berarti mesin sudah panas.

2. Gunakan oli berkualitas

  • Seputar Otomotif mendapat banyak masukan dari para biker satria fu 150cc yang sering mengalami masalah oper gigi sulit masuk dengan mengganti oli yang berkualitas dapat menghilangkan masalah oper gigi sering mlumpat tersebut. Untuk rekomendasi oli yang cocok buat satria fu disarankan menggunakan oli Shell Advance AX7 untuk motor kelas 150 cc.

3. Check Tali Kopling

  • Pastikan keadaan tali kopling tidak terlalu kendor. Jika kondisi tali kopling tidak kencang maka perlu dilakukan penyetingan atau bisa juga dicuci tali coplingnya menggunakan minyak dan lumasi tali copling dengan oli.

Demikan artikel kami kali ini yang mengulas tentang cara mengatasi kopling satria fu susah netral yang telah kami tuliskan diatas. Semoga artikel kami kali ini dapat membantu anda menjadikan cara menetralkan motor kopling satria fu 150, sekian dan terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment