Rekomendasi Terbaik

Thursday, May 25, 2017

Cara Merawat Motor Honda Vario Matic

Cara merawat motor matic vario - Bagaimana cara merawat motor matic agar kondisi mesin tetap dalam performance yang baik ? Apabila anda pengguna motor honda matic vario tentu anda menginginkan motor vario yang anda miliki jauh dari masalah kerusakan untuk itu hal yang perlu anda lakukan adalah dengan melakukan perawatan motor matic vario tersebut. Dan tentu anda sudah mengenal motor vario keluaran honda memiliki tipe yang beragam seperti motor vario 110, motor honda vario techno 125, motor vario 150 yang mempunyai sistem pembakaran karbulator maupun injeksi. Selain menginginkan motor vario yang sehat tentu anda juga pasti ingin menghindari antrian panjang ketika service motor honda vario ketika berada di bengkel resmi honda. Maka dari itu anda perlu melakukan servis honda vario secara rutin agar motor vario matic anda menjadi lebih awet dan tahan lama.

Namun terkadang banyak masyarakat kita hanya bisa untuk mengendarai motor vario matic saja akan tetapi kurang memperhatikan perawatan motor vario matic baik itu vario baru ataupun vario bekas. Tidak perlu disesali karena memang pada dasarnya tidak semua orang mengerti akan bagaimana kondisi mesin motor matic yang baik dan selain itu cara merawat motor vario techno 125 karbulator dengan cara merawat motor honda vario matic injeksipun berbeda. Lalu bagaimana cara merawat motor matic vario techno supaya motor matic tetap awet ? Dan sebenarnya untuk melakukan perawatan motor vario matic injeksi memang diperlukan perlakuan khusus jika dibandingkan dengan motor vario karbulator akan tetapi pada dasarnya perawatan motor vario sama saja dan tidak terlalu sulit.

Maka dari itu pada pertemuan kali ini seputar otomotif akan mencoba membagikan beberapa tips agar motor vario memiliki kondisi mesin yang baik dan tetap awet. Jadi apabila anda sebagai pengguna motor matic mungkin tips tentang cara merawat motor matic kali ini dapat dipraktekan di rumah agar mesin motor tetep awet dan tahan lama. Untuk itu mari langsung saja kita simak cara merawat motor matic vario techno 125 secara lengkap dibawah ini, dan tips ini juga dapat diaplikasikan untuk merawat motor vario 110 ataupun motor vario 150 baik itu dalam kondisi motor matic baru maupun bekas.

Cara Merawat Motor Honda Vario Matic

cara merawat motor matic vario techno 125

10 Tips merawat motor vario agar tetap awet


1.  Rutin untuk memanaskan mesin motor matic di pagi hari

Memanaskan motor adalah sebuah cara yang sering dilakukan ketika pagi hari sebelum kita menggunakan motor. Merawat motor vario matic dengan memanaskan mesin bertujuan agar oli dalam mesin siap melumasi mesin sehingga perfoma dari mesinenjadi lebih maksimal. Cara memanaskan motor matic yang baik adalah panaskan motor kurang lebih 5 menit sampai 10 menit dan sebaiknya menggunakan kick stater saja jika menggunakan stater elektrik tentunya akan lebih banyak mengurangi bateray dari motor tersebut. Apabila dirasa sudah cukup jangan lupa untuk tarik ulur gas dengan maksud oli cukup panas dari mesin motor.

2. Ganti oli secara berkala

Perawatan motor matic yang satu ini tergolong sangat penting, untuk itu sebagai perawatan oli motor vario lakukan sesuai dengan jadwal pergantian oli yang biasanya dilakukan setiap 1000 KM dan untuk pergantian oli transmisi motor (oli gardan) maksimal ketika motor sudah mencapai 5000 KM. Apabila anda lupa akan kilometer pada motor matic tersebut sebaiknya lakukan perawatan rutin ini setiap 2 sampai 3 bulan sekali dan jangan lupa juga untuk menggunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi motor matic yang anda miliki.

3. Jangan Sampai Kehabisan Bensin

Dalam menjaga dan merawat motor matic kebiasaan buruk yang sering terjadi adalah motor honda vario sampai kehabisan bensin. Kebiasaan motor vario berhenti dijalan karena bensin habis perlu kita tinggalkan karena motor vario matic sampai kehabisan bensin dapat merusak mesin motor vario tersebut terlebih lagi pada motor vario matic injeksi. Untuk itu usahakan selalu motor matic anda jangan sampai menunjukan indikator E pada speedometer dan biasakankan motor berisi bahan bakar yang full untuk mengantisipasi hal tersebut.

4. Check kondisi vanbelt dan roler

Pentingnya akan memeriksa kondisi vanbelt merupakan hal yang tidak boleh untuk ditinggalkan bagi pemilik motor vario. Kondisi vanbelt yang mempunyai bahan yang terbuat dari karet dikhawatirkan akan putus di tengah jalan yang mengakibatkan motor berhenti dan tidak bisa berjalan lagi. Jika sudah menjadi keharusan untuk mengganti vanbelt tersebut sebaiknya gunakan suku cadang yang original sehingga membuat  matic sobat terjamin karena lebih awet vanbelt tersebut.

5. Perawatan AKI

Memang tidak mudah untuk mengetahui kondisi aki yang berada pada motor matic, yang pasti bagi setiap pengguna motor matic pernah mengalami motornya mengalami Mati AKI. Dengan matinya aki motor tentu anda akan kehilangan power dari motor selain itu juga cahaya lampu akan berkurang, dan yang paling menjengkelkan jika aki motor matic mati adalah pada saat menghidupakan motor harus menggunakan kick starter yang membuat kita terasa lebih banyak mengeluarkan tenaga. Oleh karena itu sedikit saran dari kami sebaiknya anda mengganti AKI dalam 7 - 8 bulan setelah penggantian terakhir.

6. Stabilkan Kecepatan Gas

Tips kali ini biasanya sering dilakulan oleh pengguna motor matik yakni ketika kecepatan motor dalam kondisi cepat jangan secara tiba - tiba menurunkan gas begitu pun sebaliknya saat motor berada dalam kecepatan rendah langsung kita gas tanpa sadari hal ini akan merusak masa umur mesin. Dengan kecepatan yang tidak stabil tidak hanya akan merusak mesin namun sampai juga pada vanbelt motor.

7. Ganti Oli Shockbreaker.

Oli juga tidak hanya terdapat pada mesin motor , namun oli juga terdapat pada shockbreaker. Oleh karena itu perlu adanya pergantian dengan tujuan tidak lain supaya kondisi shock motor tetep berfungsi secara normal. Untuk jadwal pergantian oli Shock Motor bisa diganti setiap motor mencapai 10000KM.

8. Servis Berkala

Tips Dan Cara Merawat Motor Matic yang terahir Biasanya pada servis berkala motor matic adalah untuk penggantian oli, dan membersihkan karburator dan menseting motor. Saran kami ketika anda sedang service pada bengkel resmi honda untuk menanyakan menggenai Aki apakah masih layak, Vanbelt dan roler apakah memerlukan penggantian, dari beberapa hal tersebut tentunya akan semakin baik jika sobat menggunakan suku cadang yang original jika dibandingkan menggunakan yang murah namun kualitasnya masih dipertanyakan. Lakukan servis berkala kurang lebih 3 bulan sekali untuk menjaga performance motor matic anda.

9. Gunakan Bensin Berkualitas

Tidak jarang ada saja orang orang yang menjual bensin campuran , walaupun tidak banyak namun anda perlu untuk berhati - hati. Kualitas bensin sangat mempengaruhi kualitas mesin motor anda, untuk itu sebaiknya anda mengisi bensin motor pada tempat yang tepat dan dikelola oleh pemerintah (pom) atau tempat - tempat penjual bensin yang memang sudah dipercaya. Karena apabila yang di jual bensin murni maka akan mengakibatkan motor aman akan tetapi sebaliknya jika bukan bensin murni maka akan mengakibatkan bahaya bagi motor kita.

10. Lain - lain

1. Selain itu pergantian ban jika sudah terlihat tipis, penggunaan ban yang tipis tentu akan sangat berbahaya karena ban yang tipis akan mengurangi daya cengkram ban terhadap aspal. Jika membersihkan motor usahakan juga untuk membersihkan bagian rem terlebih rem cakram yang bisanya digunakan di roda depan dengan memastikan sela-sela pada rem bersih, hal ini dilakukan supaya kondisi cakram tetap baik.

2. Disamping itu biasanya setelah 5 tahun peforma mesin dan komponen akan menurun, selain itu akan sangat tepat jika anda ngeupgrade alias mengganti sepeda motor dengan yang baru tentunya setiap 5 tahun sekali karena setelah 5 tahun bisanya motor akan sangat sering membutuhkan servis dan performanya akan menurun.

Baca juga :
  1. Daftar Harga Honda Vario Matic Bekas Tahun 2017
  2. Daftar Harga Motor Bekas Dibawah 10 Juta Paling Banyak Dicari

Demikian tips merawat motor vario matic pada kesempatan kita kali ini. Semoga cara merawat motor matic diatas dapat memberikan manfaat dan bisa menjadikan performa motor matic tetap terjaga dalam kondisi mesin yang baik, sekuan dan terima kasih ..

0 komentar:

Post a Comment